Profil Kampus

STAI Darussalam Lampung

Badan penyelenggara STAI Darussalam Lampung adalah Yayasan Pendidikan Darussalam Lampung yang berkududukan di Way Jepara dan didirikan dengan Akta Notaris No. 13 tanggal 22 Juli 2008. Atas nama Notaris Soekarno, SH.  Pada tahun akademik 2008/2009 STAI Darussalam Lampung mendapatkan Izin perpanjangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI berdasarkan Surat Keputusan Nomor: DJ.I/1470/2011, dengan dua Jurusan yaitu  Tarbiyah dan Syariah, jurusan tarbiyah memiliki dua program studi yaitu S1 PAI (Pendidikan Agama Islam) dan S1 PGRA, sedangkan jurusan Syariah memiliki dua program studi yaitu S1 Ahwal Al-Syakhsyiyah/Hukum Perdata Islam dan S1 Ekonomi Syariah.

Visi 

Menjadikan STAI Darussalam Lampung sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Terbaik di Propinsi Lampung Pada Tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan agama Islam dan Hukum Perdata Islam yang mandiri dan profesional dalam bidangnya.
  2. Mengembangkan program penelitian dan kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Islam.
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan agama Islam dan Hukum Islam.
  4. Menjalin Kemitraan dengan Instansi pada tingkat regional, nasional, dan internasional.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan mandiri dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Perdata Islam.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang dapat menjadi referensi keilmuan dalam bidang pendidikan Agama Islam dan Hukum Perdata Islam.
  3. Memberikan bimbingan dan arahan kepada Masyarakat khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Perdata Islam.
  4. Meningkatkan kuaitas lembaga melalui kerjasama antar lembaga pada tingkat regional, nasional dan internasional.

Sasaran

  • Lulusan dapat terserap oleh kebutuhan lapangan kerja dan berkompeten dalam bidang keilmuan dan profesinya.
  • Meningkatkan kualitas dan mutu untuk mewujudkan keunggulan program studi pada level nasional.
  • Meningkatkan sarana prasarana akademik dan kualitas dosen serta akselerasi pencapaian kualitas keilmuan.
  • Memperluas kerjasama dengan pihak lain dalam rangka pengembangan program studi secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan kapasitas organisasi dan kelembagaan secara sinergis dalam pencapaian Tridarma Perguruan Tinggi.

Strategi :

  • Strategi pencapaian melalui implementasi kebijakan yang telah dibuat; (menjalin kerjasama dengan calon pengguna, komunikasi dan sharing dengan steakholder).
  • Penerapan implementasi kebijakan dilakukan dengan cara bertahap, sehingga terlihat indikator keberhasilan yang telah dicapai. Tahapan tersebut secara operasional diuraikan oleh masing-masing prodi yang berdasar pada standar tahapan sekolah tinggi.

 

  • Strategi jangka pendek (3 tahun)
  • Selalu memaksimalkan usaha dalam peningkatan mutu yang berkelanjutan melalui metode pembelajaran tiap prodi, proses belajar mengajar, dan suasana akademik kampus yang semakin efektif dan kondusif.

 

  • Strategi jangka menengah (5 tahun)
  • Pengembangan kurikulum tiap prodi agar sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan para pengguna lulusan. Pengembangan tersebut didukung dengan pengembangan tenaga pendidik dengan penugasan untuk mengikuti pelatihan dan studi lanjut yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

 

  • Strategi jangka panjang (10 tahun)
  • Peningkatan dan pengembangan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan akademik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan pengembangan lokasi dan bangunan kampus, perluasan kerjasama dengan instansi lain, baik skala nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s